MAKALAH
DASAR PEMASARAN
NAMA
: YULIANA
NPM
: 29213571
KELAS
: 1EB17
DOSEN
: FITRIANSYAH HAMBALI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya
ucapkan kehadirat Allah SWT yang melimpahkan rahmat dan ridho-Nya, sehingga
saya dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya dalam rangka memenuhi
tugas dalam mengikuti proses perkuliahan Dasar Pemasaran, Fakultas Ekonomi,
Jurusan Akuntansi, Universitas Gunadarma tahun 2014.
Dalam
penyusunan makalah ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih
jauh dari kesempurnaan sebab pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki penulis
terbatas, cukup banyak tantangan dan hambatan yang penulis temukan dalam
menyusun makalah ini.
Akhir
kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi
pembaca pada umumnya.
Depok,
Mei 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
3.
PERILAKU
PASAR
3.1
Karakteristik
yang Mempengaruhi Pembelian
3.2
Proses Keputusan Membeli
3.3
Pasar Konsumen
3.4
Pasar Industri
BAB III
PERILAKU PASAR
Perilaku pasar adalah pola kebiasan
pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik
individual atau organisasional terhadap produk tertentu, konsisten selama
periode waktu tertentu. Kegiatan-kegiatan perilaku meliputi tindakan penilaian,
keyakinan, usaha memperoleh, pola penggunaan, maupun penolakan suatu produk.
3.1
Karakteristik yang Mempengaruhi Pembelian
Perilaku konsumen adalah suatu tingkah
laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk
membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa
mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat
keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk
mengkonsumsi suatu barang. Selain itu, ada beberapa pengertian perilaku
konsumen menurut para ahli, antara lain :
Ada
dua wujud konsumen yaitu :
1.
Personal Consumer : konsumen ini membeli
atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
2.
Organizational Consumer : konsumen ini
membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan
menjalankan organisasi tersebut.
Berdasarkan landasan teori, ada dua
faktor dasar yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :
-
Faktor eksternal adalah merupakan faktor
yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial, kebudayaan, marketing strategy,
dan kelompok referensi. Kelompok referensi merupakan kelompok yang memiliki
pengaruh langsung maupun tidak langsung pada sikap dan perilaku konsumen.
Kelompok referensi akan mempengaruhi perilaku seseorang dalam pembelian dan
sering dijadikan pedoman oleh konsumen dalam bertingkah laku.
-
Faktor internal adalah merupakan faktor
yang termasuk adalah motivasi, persepsi, sikap, gaya hidup, kepribadian dan
belajar. Belajar menggambarkan perubahan dalam perilaku seseorang individu yang
bersumber dari pengalaman. Seringkali perilaku manusia diperoleh dari
mempelajari sesuatu.
3.2
Proses Keputusan Membeli
Keputusan membeli dipengaruhi oleh
karakteristik pribadi seperti umur dan tahap daur hidup pekerjaan, situasi
ekonomi, gaya hidup, serta kepribadian dan konsep diri pembeli.
·
Umur
·
Pekerjaan
·
Situasi Ekonomi
·
Kepribadian
3.3
Pasar Konsumen
Pasar Konsumen adalah semua individu dan
rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk konsumsi
pribadi. Sedangkan menurut salah satu ahli pemasaran pasar konsumen adalah pasar yang dimana pembelinya adalah
individual yang membeli produk untuk digunakan atau disewakan.
3.4
Pasar Industri
Pasar Industri semua organisasi yang
membeli barang dan jasa untuk di gunakan
memproduksi barang dan jasa lain yang di jual, di sewakan, atau ke
perusahaan lain .
1. Proses Pembelian Pasar Industri
Proses
pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pembeli pasar industri untuk
menetapkan kebutuhan akan produk dan jasa yang harus di beli dan untuk mengidentifikasikan,
mengevaluasikan, dan memilih dari berbagai alternatif merek dan pemasok.
2. Karakteristik
Pasar Industri
·
Struktur dan Permintaan Pasar
1)
Pasar industri memilih lebih sedikit
pembeli tetapi besar nilainya.
2)
Pelanggan pasar industri lebih terkosentrasi
secara geografis.
3)
Permintaan pembeli industri merupakan
turunan dari permintaan konsumen akhir.
4)
Permintaan di pasar industri lebih
inelastic - kurang terpengaruh oleh perubahan harga jangka pendek.
5)
Permintaan di pasar industri lebih
berluktuatif dan lebih cepat.
·
Sifat Unit Pembelian
1)
Pembelian di pasar industri melibatkan
lebih banyak pembelian .
2)
Pembelian pasar industri melibatkan
usaha pembelian yang lebih profesional .
·
Berbagai Tipe Keputusan dan Proses Pengambilan Keputusan
1)
Pembeli di pasar industri biasanya
menghadapi pengambilan keputusan yang kompleks.
2)
Proses pembelian industri lebih formal.
3)
Dalam pembelian di pasar industri,
penjual dan pembeli bekerja lebih erat
dan membangun hubungan jangka panjang.
REFERENSI
No comments:
Post a Comment