Tuesday, May 13, 2014

BAB 1 Pengertian Konsep dan Lingkup Pemasaran



MAKALAH
DASAR PEMASARAN



NAMA               : YULIANA
NPM                  : 29213571
KELAS              : 1EB17
DOSEN              : FITRIANSYAH HAMBALI

UNIVERSITAS GUNADARMA
2014


KATA PENGANTAR
                         
Puji dan syukur saya ucapkan kehadirat Allah SWT yang melimpahkan rahmat dan ridho-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya dalam rangka memenuhi tugas dalam mengikuti proses perkuliahan Dasar Pemasaran, Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi, Universitas Gunadarma tahun 2014.
Dalam penyusunan makalah ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan sebab pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki penulis terbatas, cukup banyak tantangan dan hambatan yang penulis temukan dalam menyusun makalah ini.
Akhir kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.






Depok, Mei  2014


Penyusun






DAFTAR ISI
           
1.      PENGERTIAN KONSEP DAN LINGKUP PEMASARAN
1.1  Pengertian dan Ruang Lingkup Pemasaran
1.2  Perkembangan dan Sejarah Pemikiran Tentang Pemasaran
1.3  Konsep dan Orientasi Pemasaran
1.4  Fungsi Universal dan Tantangan Pemasaran







BAB I
PENGERTIAN KONSEP DAN LINGKUP PEMASARAN

1.1           Pengertian dan Ruang Lingkup Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit maupun nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
-          Unsur-unsur pokok dalam pemasaran antara lain, sebagai berikut :
·        Pemasar: organisasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya. Pemasar dapat merupakan produsen yang umumnya berorientasi terhadap keuntungan dan organisasi yang belum tentu berorientasi pada keuntungan.
·        Barang dan jasa: sesuatu yang ditawarkan oleh produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan.
·        Pemerintah yang berorientasi pada kesejahteraan umum.
·        Pasar: konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
·        Proses pertukaran: kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan masing-masing.


-          Lingkup pengertian pemasaran antara lain adalah sebagai berikut:
·        Pemasaran Mikro-Eksternal: Pemasaran yang meliputi lingkup mikro perusahaan dengan orientasi eksternal.
·        Pemasaran Mikro-Internal: kegiatan pemasaran yang berorientasi pada internal perusahaan.
·        Pemasaran Makro-Eksternal: pemasaran perusahaan-perusahaan dalam skala makro dengan kapasitasnya sebagai satuan produsen dalam lingkup makro.

1.2           Perkembangan dan Sejarah Pemikiran Tentang Pemasaran 

Perkembangan Konsep Pemasaran, bisa dijelaskan sebagai berikut :
·        Konsep produksi: anggapan pemasar berorientasi kepada proses produksi (internal) bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah
·        Konsep produk: anggapan pemasar bahwa konsumen lebuh menghendaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan baik.
·        Konsep penjualan: anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan (internal) bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan.
·        Konsep pemasaran: anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan (eksternal) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan.
·        Konsep pemasaran yang memasyarakat (sosial): anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan sosial konsumen.
·        Konsep pasar: anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan ( pesaing pasar) bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar yang bersaing (kompetitif) untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan.

1.3           Konsep dan Orientasi Pemasaran


1.4           Fungsi Universal dan Tantangan Pemasaran
Fungsi-fungsi universal pemasaran meliputi :
·        Penanggungan resiko
·        Pendanaan
·        Pengendalian informasi pemasaran Pembelian
·        Penjualan
·        Pengiriman
·        Penyimpanan
·        Standarisasi dan klasifikasi
·        Pembungkusan










REFERENSI

Buku Paket Dasar Pemasaran Universitas Gunadarma


No comments:

Post a Comment