MAKALAH
NAMA
: YULIANA
NPM
: 29213571
KELAS
: 1EB17
DOSEN
: FITRIANSYAH HAMBALI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya
ucapkan kehadirat Allah SWT yang melimpahkan rahmat dan ridho-Nya, sehingga
saya dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya dalam rangka memenuhi
tugas dalam mengikuti proses perkuliahan Dasar Pemasaran, Fakultas Ekonomi, Jurusan
Akuntansi, Universitas Gunadarma tahun 2014.
Dalam
penyusunan makalah ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih
jauh dari kesempurnaan sebab pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki penulis
terbatas, cukup banyak tantangan dan hambatan yang penulis temukan dalam
menyusun makalah ini.
Akhir
kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi
pembaca pada umumnya.
Depok,
Mei 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
1.
PENGERTIAN KONSEP DAN LINGKUP PEMASARAN
1.1
Pengertian dan Ruang Lingkup Pemasaran
1.2
Perkembangan dan Sejarah Pemikiran
Tentang Pemasaran
1.3
Konsep
dan Orientasi Pemasaran
1.4
Fungsi
Universal dan Tantangan Pemasaran
PENGERTIAN
KONSEP DAN LINGKUP PEMASARAN
1.1
Pengertian dan Ruang Lingkup Pemasaran
Pemasaran
adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit maupun nonprofit) guna
memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga,
mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar
memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
-
Unsur-unsur pokok dalam pemasaran antara
lain, sebagai berikut :
·
Pemasar:
organisasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu bagi
organisasi maupun pribadinya. Pemasar dapat merupakan produsen yang umumnya
berorientasi terhadap keuntungan dan organisasi yang belum tentu berorientasi
pada keuntungan.
·
Barang dan jasa:
sesuatu yang ditawarkan oleh produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan.
·
Pemerintah
yang berorientasi pada kesejahteraan umum.
·
Pasar:
konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan
keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
·
Proses pertukaran:
kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak yang lain
sebagai usaha untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan masing-masing.
-
Lingkup pengertian pemasaran antara lain
adalah sebagai berikut:
·
Pemasaran Mikro-Eksternal:
Pemasaran yang meliputi lingkup mikro perusahaan dengan orientasi eksternal.
·
Pemasaran Mikro-Internal:
kegiatan pemasaran yang berorientasi pada internal perusahaan.
·
Pemasaran Makro-Eksternal:
pemasaran perusahaan-perusahaan dalam skala makro dengan kapasitasnya sebagai
satuan produsen dalam lingkup makro.
1.2
Perkembangan dan Sejarah Pemikiran Tentang Pemasaran
Perkembangan
Konsep Pemasaran, bisa dijelaskan sebagai berikut :
·
Konsep produksi:
anggapan pemasar berorientasi kepada proses produksi (internal) bahwa konsumen
hanya akan membeli produk-produk yang murah
·
Konsep produk:
anggapan pemasar bahwa konsumen lebuh menghendaki produk-produk yang berkualitas
atau berpenampilan baik.
·
Konsep penjualan:
anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan (internal) bahwa
konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai
profit maksimum sebagai tujuan perusahaan.
·
Konsep pemasaran:
anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan (eksternal) bahwa konsumen
hanya akan bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan
memberikan kepuasan.
·
Konsep pemasaran yang memasyarakat
(sosial):
anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk-produk yang mampu
memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan sosial konsumen.
·
Konsep pasar:
anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing
perusahaan ( pesaing pasar) bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar
yang bersaing (kompetitif) untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan.
1.3
Konsep dan
Orientasi Pemasaran
1.4
Fungsi Universal
dan Tantangan Pemasaran
Fungsi-fungsi
universal pemasaran meliputi :
·
Penanggungan resiko
·
Pendanaan
·
Pengendalian informasi pemasaran
Pembelian
·
Penjualan
·
Pengiriman
·
Penyimpanan
·
Standarisasi dan klasifikasi
·
Pembungkusan
REFERENSI
Buku
Paket Dasar Pemasaran Universitas Gunadarma
No comments:
Post a Comment