MAKALAH
DASAR PEMASARAN
NAMA
: YULIANA
NPM
: 29213571
KELAS
: 1EB17
DOSEN
: FITRIANSYAH HAMBALI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya
ucapkan kehadirat Allah SWT yang melimpahkan rahmat dan ridho-Nya, sehingga
saya dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya dalam rangka memenuhi
tugas dalam mengikuti proses perkuliahan Dasar Pemasaran, Fakultas Ekonomi,
Jurusan Akuntansi, Universitas Gunadarma tahun 2014.
Dalam
penyusunan makalah ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih
jauh dari kesempurnaan sebab pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki penulis
terbatas, cukup banyak tantangan dan hambatan yang penulis temukan dalam
menyusun makalah ini.
Akhir
kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi
pembaca pada umumnya.
Depok,
Mei 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
13.
KEUNGGULAN
PERSAINGAN DAN PASAR GLOBAL
13.1
Analisis
Persaingan
13.2
Peluang
Tantangan Ancaman dan Hambatan
13.3
Memilih
Strategi dalam Posisi Persaingan
13.4
Peluang
Lingkungan Pemasaran Global
BAB
XIII
KEUNGGULAN
PERSAINGAN DAN PASAR GLOBAL
13.1
Analisis Persaingan
Persaingan adalah usaha mengidentifikasi
ancaman, kesempatan atau permasalahan strategis (strategy question) yang
terjadi akibat perubahan persaingan potensial, serta kekuatan dan kelemahan
pesaing. Analisa berguna untuk mendasari keputusan tentang produk yang
dipasarkan agar kemudian diperoleh laba yang optimal.
Analisa persaingan dimulai dengan
pesaing umum dan selanjutnya pesaing potensial. Ada dua cara untuk
mengidentifikasi pesaing umum. Yang pertama menguji perspekstif pelanggan dalam membuat pilihan diantara
para pesaing. Tipe kedua adalah
identifikasi dengan pendekatan yang berusaha menempatkan para pesaing kedalam
kelompok-kelompok strategi dari dasar strategi persaingannya. Setelah para
pesaing diidentifikasi, fokusnya adalah berusaha memahami mereka dan strateginya. Dari
uraian tersebut dapat ditarik analisa dari kekuatan dan kelemahan
dari masing-masing pesaing atau kelompok strategi dari pesaing.
Menurut Porter, hakikat persaingan suatu
industry dapat dilihat sebagai kombinasi atas lima kekuatan:
1. Persaingan
antar perusahaan sejenis.
2. Kemungkinan
masuknya pesaing baru.
3. Potensi
pengembangan produk substitusi.
4. Kekuatan
tawar-menawar penjual/pemasok.
5. Kekuatan
tawar-menawar pembeli/konsumen.
13.2Peluang
Tantangan Ancaman dan Hambatan
Hambatan-hambatan terhadap masuknya
pesaing baru berupa :
a.
Pentingnya memperoleh skala ekonomi
denga cepat
b.
Pentingnya memperoleh teknologi dan
pengetahuan khusus
c.
Kurangnya pengalaman
d.
Kuatnya loyalitas pelanggan
e.
Fanatisme terhadap merek tertentu
f.
Persyaratan modal yang besar
g.
Kurangnya saluran distribusi yang
memadai
h.
Lokasi yang tidak menguntungkan
i.
Serangan balik oleh perusahaan yang bertahan.
Oleh karena itu, tugas pencanaan
strategi adalah mengidentifikasi perusahaan baru yang berpotensi masuk pasar,
memonitor strategi perusahaan baru yang menjadi pesaing, melakukan “serangan
balasan” jiaka diperlukan, dan memanfaatkan kekuatan dan kelemahan yang
dimiliki.
13.3
Memilih Strategi dalam Posisi Persaingan
1. Pemimpin
Pasar (Market Leader)
Adalah perusahaan yang diakui oleh industri yang
bersangkutan sebagai pemimpin.
Karakteristik dari pemimpin pasar adalah
:
a.
Memiliki pangsa pasar yang terbesar
(40%) dalam pasar produk yang relevan.
b.
Lebih unggul dari perusahaan lain dalam
hal pengenalan produk baru, perubahan harga cakupan saluran distribusi dan
intensitas promosi.
c.
Merupakan pusat orientasi para pesaing
(diserang, ditiru atau dijauhi)
2. Penantang Pasar (Market Challenger) :
Adalah perusahaan ‘runner-up’ yang secara konstan
mencoba memperbesar pangsa pasar mereka, yang dalam usaha tersebut mereka
berharap secara terbuka dan langsung dengan pemimpin pasar
Karakteristik penantang pasar adalah :
a.
Biasanya merupakan perusahaan besar
dipandang dari sudut volume penjualan dan laba (pangsa pasarnya ± 30%).
b.
Selalu berupaya menemukan kelemahan
pihak pemimpin pasar atau perusahaan lainnya dan kemudian menyerangnya baik
secara langsung ataupun tidak langsung.
c.
Penantang pasar biasanya juga memusatkan
upaya mereka pada tindakan mengambil alih perusahaan-perusahaan yang lemah.
3. Pengikut
Pasar (Market Follower) :
Adalah perusahaan yang mengambil sikap tidak
mengusik pemimpin pasar dan hanya puas dengan cara menyesuaikan diri terhadap
kondisi-kondisi pasar.
Karakteristik pengikut pasar terdiri
atas :
a.
Selalu mencoba menonjolkan ciri khasnya
kepada pasar sasaran, seperti lokasi, pelayanan, keunggulan produk dan
sebagainya.
b.
Memilih untuk meniru produk atau
strategi pemimpin pasar dan penantang pasar daripada menyerang mereka.
c.
Biasanya memperoleh laba yang tinggi
karena tidak menanggung beban pengeluaran yang tinggi untuk inovasi.
4. Penggarap Ceruk Pasar (Market Nicher) :
Adalah perusahaan yang mengkhususkan dari melayani
sebagian pasar yang diabaikan perusahaan besar dan menghindari bentrok dengan
perusahaan besar.
Karakteristik Market Nicher antara lain
:
a.
Biasanya berspesialisasi secara
geografis.
b.
Merupakan perusahaan yang daya beli dan
ukurannya cukup besar agar bisa menguntungkan.
c.
Memiliki potensi untuk berkembang.
d.
Memiliki keterampilan dan sumber daya
yang memadai untuk memenuhi kebutuhan ceruk pasar tersebut secara efektif.
e.
Mampu mempertahankan diri dari pesaing
besar dengan ‘customer goodwill’ yang dibinanya.
13.4
Peluang Lingkungan Pemasaran Global
·
Inside-outside perspektif
·
Outside-inside perspektif
Para perusahaan yang berhasil akan
memandang bisnis mereka dari luar-kedalam.mereka menyadari bahwa lingkungan
pemasaran selalu menimbulkan peluang serta ancaman baru (tantangan) dan mereka
memahami pentingnya senantiasa memantau dan beradaptasi dengan lingkungan
tersebut
Lingkungan
terbagi menjadi 2:
-
Lingkungan internal
·
Lingkungan manusia
·
Lingkungan fisik
-
Lingkungan eksternal
·
Lingkungan demografi
·
Lingkungan ekonomi
·
Lingkungan alam
·
Lingkungan teknologi
·
Lingkungan politik-hukum
·
Lingkungan sosial-budaya
Banyak
peluang yang ditemukan dengan mengidentifikasi:
-
Tren adalah arah atau urutan kejadian
yang memiliki daya bergerak (momentum) dan keberlanjutan jangka panjang
(durability).
-
Fad adalah kesukaan masyarakat yang
berlangsung singkat bersifat tidak dapat diduga, berusia pendek, dan tidak
penting secara sosial, ekonomi dan politik.
-
Megatren yakni perubahan besar dibidang
sosial, ekonomi, politik, dan teknologi yang lebih lambat terbentuknya dan pada
saat terjadi perubahan itu akan mempengaruhi kita untuk waktu yang lama antara
tujuh dan sepuluh tahun atau lebih.
-
Lingkungan demografi: pertumbuhan
populasi,bauran usia,etnis,kelompok pendidikan,pola rumah tangga,pergeseran
geografi.
·
Lingkungan ekonomi: distribusi
pendapatan,tabungan,katersediaan kredit,hutang.
·
Lingkungan alam: katersediaan bahan
baku,energi,polusi,peran pemerintah.
·
Lingkungan teknologi: perubahan
teknologi,inovasi anggaran.
·
Lingkungan politik-hukum: UU
bisnis,kelompok kepentingan,kelompok penekan.
·
Lingkungan sosial-budaya: keyakinan
dasar,nilai,adat,bahasa.
Dalam situasi global yang berubah cepat,
perusahaan harus memantau enam kekuatan utama: demografi, ekonomi, alam,
teknologi, politik-hukum dan sosial-budaya. Meskipun kekuatan2 itu akan diulas
secara terpisah, para pemasar harus memperhatikan interaksi antar kekuatan itu,
karena kekuatan2 itu menjadi dasar bagi peluang dan ancaman baru.
Contohnya : ledakan pertumbuhan populasi
(demografi) menyebabkan peningkatan konsumsi sumber daya dan polusi(lingkungan
alam) yang menyebabkan konsumen menuntut lebih banyk peraturan perundang-undangan(politik-hukum),
yg merangsang solusi teknologi dan produk baru(teknologi) yang jika teknologi
baru itu harganya terjangkau oleh masyarakat (ekonomi) akhirnya mengubah
perilaku dan sikap (sosial-budaya).
REFERENSI
No comments:
Post a Comment