MAKALAH
DASAR PEMASARAN
NAMA
: YULIANA
NPM
: 29213571
KELAS
: 1EB17
DOSEN
: FITRIANSYAH HAMBALI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya
ucapkan kehadirat Allah SWT yang melimpahkan rahmat dan ridho-Nya, sehingga
saya dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya dalam rangka memenuhi
tugas dalam mengikuti proses perkuliahan Dasar Pemasaran, Fakultas Ekonomi,
Jurusan Akuntansi, Universitas Gunadarma tahun 2014.
Dalam
penyusunan makalah ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih
jauh dari kesempurnaan sebab pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki penulis
terbatas, cukup banyak tantangan dan hambatan yang penulis temukan dalam
menyusun makalah ini.
Akhir
kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi
pembaca pada umumnya.
Depok,
Mei 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
11.
MANAJEMEN
PENJUALAN DAN PERSONAL SELING
11.1Peran Penjualan
11.2Membangun Armada Penjualan
11.3Wiraniaga dan Personal Seling
BAB XI
MANAJEMEN PENJUALAN DAN PERSONAL SELING
11.1
Peran Penjualan
Tidak gampang memerankan diri sebagai
seorang penjual. Seorang penjual membutuhkan kemampuan khusus dalam hal berkomunikasi
dan bernegosiasi kepada para calon pembeli. Salah satu peran yang bisa diambil
oleh penjual adalah peran sebagai konsultan. Kemampuan sebagai konsultan
mengacu pada kemampuan penjual untuk "masuk" ke dalam kepala
pelanggan, melihat sesuatu dari perspektif mereka, dan menyesuaikan teknik
penjualan dengan gaya pelanggan.
Penjual yang berperan sebagai konsultan
harus bisa memberikan solusi kepada pelanggan dalam lima tahapan, yakni
recognition of needs, evaluation of options, resolution of concerns, purchase,
dan implementation.
11.2
Membangun Armada Penjualan
Perusahaan perlu berpikir secara
mendalam tentang masalah, perancangan armada penjualan, yaitu pengembangan
tujuan, strategi, struktur, ukuran, dan kompensasi armada penjualan.
a.
Tujuan dan Strategi Armada Penjualan
Wiraniaga memiliki satu atau beberapa
tugas sbb :
·
Mencari calon pembeli
·
Menetapkan sasaran
·
Berkomunikasi
·
Menjual
·
Melayani
·
Mengumpulkan informasi
·
Mengalokasikan
Perusahaan harus menyebarkan wiraniaga
mereka secara strategis sehingga mereka mengunjungi pelanggan yang tepat pada saat yang tepat dan dengan cara yang
tepat pula. Perwakilan penjualan bekerja sama dengan pelanggan dalam beberapa
cara :
·
Perwakilan penjualan dengan pembeli
·
Perwakilan penjualan dengan kelompok
pembeli
·
Tim penjualan dengan kelompok pembeli
·
Penjualan konferensi
·
Penjualan seminar
Setelah perusahaan memutuskan pendekatan
penjualan yang diinginkan, ia dapat menggunakan wiraniaga langsung atau
berdasarkan kontrak. Armada penjualan langsung (perusahaan) terdiri atas karyawan
penuh atau paruh waktu yang hanya bekerja bagi perusahaan bersangkutan. Armada
penjualan berdasarkan kontrak meliputi wakil produsen manufaktur, agen
penjualan, dan / atau pialang, yang menerima komisi berdasarkan besarnya
penjualan.
11.3
Wiraniaga dan Personal Seling
Wiraniaga atau penjual adalah personal
yang langsung menjual produk kpada konsumen, penjual yang sukses biasanya
diukur dari jumlah produk yang mampu dijual dan mampu membujuk individu untuk
melakukan pembelian.
Personal Selling atau Penjualan Pribadi
merupakan interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih guna
melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesanan.
Penjualan personal adalah alat yang
paling efektif-biaya pada tahap proses pembeliar lebih lanjut, terutama dalam
membangun preferensi, keyakinan, dan tindakan pem¬beli. Penjualan personal,
memiliki tiga ciri khusus:
·
Konfrontasi personal: Penjualan personal
mencakup hubungan yang hidup, lang¬sung dan interaktif antara dua orang atau
lebih. Masing-masing pihak dapat mengobservasi reaksi dari pihak lain dengan
lebih dekat.
·
Mempererat: Penjualan personal
memungkinkan timbulnya berbagai jenis hubungar mulai dari hubungan penjualan
sampai hubungan persahabatan. Wiraniaga biasa¬nya sudah benar-benar mengetahui minat
pelanggan yang terbaik.
·
Tanggapan: Penjualan personal membuat
pembeli merasa berkewajiban untuk mendengarkan pembicaraan wiraniaga.
No comments:
Post a Comment